Wednesday, February 1, 2012

Rasa Memiliki Fasilitas Umum

Di lingkungan kita, banyak sekali terdapat sarana umum, contohnya saja WC umum. Sarana umum yang satu ini sangat bermanfaat bagi masyarakat luas. Misalnya saja para pejalan yang dalam perjalanannya tiba-tiba kebelet pipis. Mau tidak mau, yang pertama teringat di saat itu adalah WC umum. Begitu juga dengan orang-orang yang sedang beraktifitas di pasar. Ketika mendapat suatu desakan dari dalam, baik itu buang air kecil maupun besar, yang teringat ketika itu adalah WC umum.

Mengingat pentingnya sarana  yang satu ini, tentunya semua orang mendambakan kenyamanan buang hajat mereka. Hal ini tidak terlepas dari kebersihan WC umum tersebut. Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri, mayoritas WC umum yang ada di lingkungan sekitar kita bisa dibilang (sangat) kotor dan bau. Mungkin semua pembaca akan mengangguk, bahwa sekian WC umum yang anda temui, sangat sedikit sekali yang bersih dan terjaga, meskipun sudah ada orang tertentu yang bertugas menjaganya. Hal ini tentunya mengurangi kenyamanan penggunanya. Lantas, haruskan kondisi ini dibiarkan begitu saja? Batin kita sebagai manusia yang dikaruniai nalar dan rasa, tentu menolak hal ini.
Kemudian, bagaimana menanggulanginya? Sebenarnya sangat sederhana sekali. Rasakanlah bahwa fasilitas umum tersebut adalah milik anda. Dan memang, sebenarnya itu adalah milik anda, karena fasilitas umum tersebut dibangun dari keuangan bersama yang dihandle negara, dan tentunya sebagiannya merupakan milik anda. Lantas, apa hubungannya “rasa memiliki fasilitas umum” dengan penjagaan kenyamanannya, seperti pada kasus WC umum ini? Logikanya sangat gampang sekali. Jika anda memiliki, anggaplah sebuah handphone. Dengan rasa memiliki yang anda miliki terhadap handphone tersebut, anda akan menjaganya dengan baik. Menghindarinya dari hal-hal yang membahayakan. Maka, jika anda mempunyai “rasa memiliki” fasilitas umum, seperti WC umum tersebut, maka anda akan tergerak untuk menjaganya, baik pada aspek kebersihan, ketahanan, perlindungan, dan sebagainya. Jika itu telah terwujud, maka WC umum yang berada di sekitar kita akan tetap bersih, dan tentunya siapapun akan merasa nyaman menggunakannya.

Selamat mencoba...

0 comments:

Post a Comment